Minggu, 08 Mei 2011


Hal ini telah menjadi tradisi klub sepenuhnya didirikan bahwa dalam membangun untuk permainan di Nou Camp, lagu klub, disebut 'El Cant del Barca' akan diputar pada sistem loudspeaker stadion, dan semua penggemar bernyanyi serempak.
Ini pertama kali dilakukan pada 27 November 1974, sebelum pertandingan yang menandai akhir dari perayaan ulang tahun ke-75. Sebuah paduan suara 3.600, yang dilakukan oleh Oriol Martorell, berkumpul di lapangan untuk kinerja publik pertama dari lagu kebangsaan baru. Kata-kata itu ditulis oleh Josep Maria Espinàs dan Jaume Picas, dan musik itu disusun oleh Manuel Valls. Lagu cepat tumbuh dalam popularitas. Para penggemar menyukai fakta bahwa mereka bisa bertepuk tangan mereka pada waktunya untuk irama yang mudah diingat, dan kata-kata sempurna menggambarkan nilai-nilai pendukung Barca, terutama semangat menyambut luar ke dalam masyarakat Catalan, semangat yang tercermin semua jalan melalui klub keanggotaan.
Namun, ini bukan hanya lagu klub telah selama bertahun-tahun. Yang pertama ini diresmikan pada tanggal 18 Februari 1923, dengan kata-kata oleh Rafael Folch i Capdevila dan musik oleh Enric Morera. Hal ini dilakukan oleh paduan suara Gracienc Orfeo, untuk pertama kalinya di stadion Corts lama Les sebagai bagian dari penghormatan sepakbola Katalan ke Joan Gamper. Sesuai dengan suasana muluk-muluk zaman, kata-kata menggambarkan hubungan antara "olah raga dan bangsa Catalan".
Lagu kebangsaan veu_cas 1923

 
Kemudian, pada kesempatan ulang tahun ke-50, Esteve Calzada menulis kata untuk lagu baru, yang didirikan musik oleh Joan Dotras. Itu dinamakan 'Barcelona, ​​amunt Semper! " ('Selalu dengan Barcelona!), Dan meskipun iklim politik masa itu, itu tertulis dalam Katalan.
Lagu kebangsaan veu_cas 1949
Josep Badia, pada tahun 1957, juga digunakan dalam kata-kata Katalan ke lagu ketiga, 'Himne al'Estadi' (Anthem untuk Stadion '), untuk menghadiri pelantikan Nou Camp. Ini adalah pertama kalinya bahwa kata 'Barca' muncul dalam lagu klub, yang musiknya dikarang oleh Adolf Cabané.
Lagu kebangsaan veu_cas 1957
'El Cant del Barca' telah sukses sehingga semua lagu-lagu sebelumnya segera dilupakan, bahkan 'Himne de l'Stadion', yang merupakan lagu resmi pada tahun 1974. Dan kini telah menjadi seperti bagian dari tradisi klub yang 30m tahun kemudian, tak ada yang mungkin bisa membayangkan ada akan ada kebutuhan untuk sebuah lagu baru. Sebuah lagu ditulis untuk Centenary Club, yang disebut, 'Cant del Centenari' pertama dilakukan pada tanggal 22 September 1998, dengan kata-kata oleh Ramon Solsona dan musik oleh Antoni Ros Marbà, tapi itu dibuat jelas dari awal bahwa lagu itu hanya akan untuk digunakan dalam konteks perayaan tersebut.
veu_cas Anthem 1974 (lagu sekarang)
Lagu kebangsaan veu_cas Centenary

Tidak ada komentar:

Posting Komentar