Sabtu, 07 Mei 2011

Guardiola Pelatih Tersukses di Liga BBVA

Josep Guardiola/dok. SOCCER
Menukangi klub sebesar Barcelona dengan hanya bermodal satu musim melatih, sempat membuat Josep Guardiola dipandang sebelah mata. Kiprah Guardiola sebelum melatih El Barca pun hanya sebatas menangani klub junior, Barcelona B.
Wajar jika banyak kalangan memandang remeh Guardiola kala ditunjuk menggantikan posisi Frank Rijkaard pada musim 2008-09.
Namun, semua pandangan remeh tersebut luluh kala Guardiola langsung menyabet seluruh gelar yang tersedia pada debutnya bersama Azulgrana.
Bahkan kini, rekor kembali mampu ditorehkan mantan playmaker  Barcelona tersebut. Guardiola menjadi pelatih dengan rasio kemenangan tertinggi dalam 100 laga awal di arena Liga BBVA.
Torehan 79 persen kemenangan dalam 100 laga menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah. Dengan rekor tersebut, Guardiola juga mengalahkan dua nama pelatih besar macam Miguel Munoz (Real Madrid) dan juga Johan Cruyff (Barcelona).
Munoz hanya mampu meraih 72 kemenangan, sedangkan Cruyff dengan 64 kemenangan dalam 100 laga. Yang lebih hebat lagi, Barcelona dibawa bertengger di posisi puncak selama total 68 minggu semenjak dilatih Guardiola.
Pelatih muda itu juga telah memainkan sekitar 40 pemain dengan 58 persennya berasal dari tim junior milik Barcelona.
Untuk masalah rivalitas dengan Real Madrid, Guardiola juga unggul telak. Selama dipegang Guardiola, Azulgrana selalu menang dalam lima laga kontra Los Blancos. Mencetak 11 gol dan hanya kemasukan dua gol
Tiga Besar Pelatih dengan Rasio Kemenangan Tertinggi dalam 100 Laga Awal:
1. Josep Guardiola: 79 Menang, 14 Seri, 7 Kalah
2. Miguel Munoz: 72 Menang, 13 Seri, 15 Kalah
3. Johan Cruyff: 64 Menang, 20 Seri, 16 Kalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar